Bornella belut (Swimming Nudibranch – Bornella anguilla)

Bornella belut (Swimming nudibranch)

Genus Bornella

Famili Bornellidae

Fakta Cepat!

Ciri Umum
Bornella belut merupakan nudi yang memiliki bentuk yang sedikit aneh daripada nudi pada umumnya. Nudi ini pun juga memiliki kebiasaan yang aneh, yakni mampu berenang di kolom perairan tanpa harus bergerak merayap di dasar perairan seperti nudi pada umumnya. Nudi ini sendiri dapat diidentifikasi dengan mudah melalui bentuk tubuhnya yang memanjang, dan bercorak mosaik yang terdiri dari bulatan-bulatan berwarna cokelat tua, merah abta, dan cokelat muda. Jika diamati lebih teliti, tubuh nudi ini tertutup oleh benjolan-benjolan yang sangat kecil. Kepala nudi ini memiliki sepasang tentakel pendek di mulutnya, dimana tiap – tiap tentakel memiliki 5-6 papilla (antena yang lebih pendek). Rhinopore nudi ini ada di sayap yang berbentuk batang pertama, dan terletak di kepalanya. Sayap nudi ini umumnya berjumlah 4 pasang, dimana pada tiap – tiap ketiak sayap tersebut terdapat insang yang berwarna putih transparan. 
 
Dimana ditemukan?
Nudi ini hidup di kawasan yang teduh dari pengaruh arus, seperti lubang-lubang kecil, di bawah batu, maupun di dalam lubang yang menyerupai gua. hewan ini hidup di kawasan subtidal.
 
Nudi ini seringkali ditemukan menghanyut bersama kumpulan alga maupun kumpulan sampah. Nudi ini kami jumpai beberapa kali di rumah apung.
 
Apa yang mereka makan?
Nudi ini merupakan pemangsa hydroid, hewan penyengat, penghuni dasar air yang berkerabat dengan terumbu karang.
 
Tahukah anda?
Nama anguilla yang melekat dalam nudi ini berasal dari Bahasa Latin yang berarti belut. Disebut demikian karena tidak seperti nudi pelagis pada umumnya yang berenang dengan cara menekuk setengah tubuhnya, nudi ini berenang dengan meliukkan tubuhnya, persis seperti gaya renang belut. 
Rumah Apung, Agustus 2018
Detail kepala. Rumah Apung, Agustus 2018
Detail insang. Rumah Apung, Agustus 2018
Rumah Apung, Agustus 2018
Sumber:
 
Andrimida, Anthon & Rudi Hermawan. 2018. INVENTARISASI BERILUSTRASI SIPUT LAUT (GASTROPODA: HETEROBRANCHIA) DI SELAT SEMPU, MALANG, INDONESIA. Seminar Nasional CORECT-RG:”Impacts of Anthropogenic Climate Change on Fisheries and Marine Ecosystems”
 
Johnson, Scott. 1983.  A New Indo-West Pacific Species of the Dendronotacean
Nudibranch Bornella (Mollusca: Opisthobranchia) with Anguilliform Swimming Behavior. Micronesica 19(1- 2): 17- 26.
 
Rudman, W.B., 2000 (May 27) Bornella anguilla Johnson, 1984. [In] Sea Slug Forum. Australian Museum, Sydney. Available from http://www.seaslugforum.net/factsheet/bornangu
 

Leave a Reply